Minggu, 18 Januari 2015

Review Novel Bintang dan Cahayanya


Judul : Bintang dan Cahayanya
Penulis : Pretty Angelia
Penerbit : Elex Media Komputindo
Est. Terbit: 17-Dec-2014
Tebal: 344 Hlm
ISBN: 9786020254746

Sinopsis :

Alina Lovita Wahab, seorang cewek berusia 17 tahun harus memikul beban paling berat di hidupnya. Memiliki seorang adik yang punya Gangguan Spektrum Autisme ternyata nggak semudah yang ia bayangkan. Banyak yang harus Alin korbankan di masa remaja.


Mengikuti emosi, Alin bertindak nekat. Hingga orang yang paling ia sayang di jagat raya harus menanggung akibat—kecelakaan yang membuat Bunda hampir menuju cahaya yang menuntunnya ke surga. 

        Apa yang paling kau takuti di dunia ini?
        Mimpi buruk bernama kesendirian…

Sanggupkah Alin bertahan menghadapi masa remaja yang seharusnya berwarna? Bisakah ia menjadi bintang yang bercahaya di tengah gelapnya langit bernama kenyataan dan rahasia? Bagaimana Mikael hadir dan menjadi malaikat penjaganya?

"Suatu saat kita akan menjadi bintang paling terang dijagat raya. Kamu bintangnya, Kakak cahayanya."

***

Dari sinopsis yang telah di tayangkan, sudah cukup jelas bahwa novel ini menceritakan tentang Alin yang mempunyai adik yang memiliki Gangguan Spektrum Autisme, bernama Aster, dan itu tidak mudah. Alin harus banyak mengorbankan masa remajanya.

Yovie, pacar Alin memutuskan hubungannya dengan Alin karena Yovie tahu bahwa Alin memiliki adik yang menurutnya tidak normal. karena kejadian itu, Alin menjauh dan selalu berbicara ketus terhadap semua cowok yang mendekatinya. termasuk Mikael yang sesungguhnya mencintai Alin dengan tulus.

Sebelum Mikael menjadi ketua OSIS, ia sangat memuja-muja Alin. tapi sesudah ia menjadi ketua OSIS, Mikael terlihat biasa-biasa saja terhadap Alin. dan Alin merindukan masa dimana Mikael selalu mengganggunya.

Suatu kali, Alin bosan mendengarkan permintaan dari Bundanya yang selalu diselipi kalimat 'Demi Aster'. lalu ia terfikir untuk membuka mata sang Bunda bahwa Alin juga butuh kasih sayang yang lebih, bukan hanya Aster saja. Alin juga ingin Bundanya merasakan bagaimana jika Alin tidak ada.

Namun, Alin tak berfikir panjang dan akhirnya terjadi sesuatu dengan Bunda yang paling ia sayangi itu.

***

Pertama kali yang kurasakan saat membuka novel ini adalah keantusiasan. karena novel ini menceritakan seorang kakak yang mempunyai adik dengan Gangguan Spektrum Autisme.

Prolognya cukup jelas bahwa Alin kehilangan orang yang ia sayang hanya karena adiknya tidak seperti orang kebanyakan.

setelah selesai membaca novel ini, yang kurasakan adalah lega. kenapa lega? karena pada akhirnya Alin tahu manusia diciptakan di dunia ini memang berbeda-beda. lumayan kesal juga sama Alin yang mengikuti emosinya dan bundanya mengalami sesuatu. Namun, begitulah remaja.

Novel ini cukup dominan di keluarga. sehingga cocok untukku pribadi. sungguh, Bintang dan Cahayanya mengajarkan kita untuk menerima apapun pemberian tuhan. pula mengajarkan untuk menyayangi orang tua selagi mereka masih ada. karena jika orang tua sudah kembali dipanggil tuhan, maka saat itu juga kita menyadari bahwa mereka sangatlah berarti untuk kita.

sungguh, banyak pelajaran berarti dari novel ini.
Terimakasih untuk kak Pretty yang memenangkan saya dalam give away yang kakak adakan. benar-benar terimakasih:)

***

"Saya dulu sangat terpengaruh dengan apa-apa yang dikatakan orang luar terhadap adik saya ini. akhirnya saya sempat menganggapnya sebagai orang lain, bukan sebagai saudara. jujur saja sampai saat ini, rasa sesal itu tetap ada karena saya menyadari jika hari-hari saya lebih berwarna ketika adik saya berada di samping saya."

"Jadi, jika ada seseorang  yang mengatakan bahwa anak, suadara, atau anggota keluarga Anda itu berbeda dan sudah selayaknya dibedakan, maka pesan saya katakanlah bahwa kita di dunia ini semuanya tak ada yang sama. semuanya memiliki ciri khas dan kemampuan sendiri-sendiri. karena itu nggak ada yang layak mengatakan jika Anda nggak memiliki hak yang sama seperti kami, yang mereka bedakan dengan kata 'si normal'."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar